RENCANA STRATEGIS 2018-2019 KEMENTERIAN PARIWISATA

Kamis, 25 Juli 2019

1

2270

Dalam rangka mencapai visi dan sasaran strategis tahun 2019 yang diukur melalui kontribusi PDB, target kunjungan wisman, dan pergerakan wisatawan nusantara, Kementerian Pariwisata melakukan perubahan struktur organisasi yang berfokus kepada pelanggan (customer-centric organization) sesuai dengan strategi Kementerian Pariwisata.

Sebagai industri jasa, sektor Pariwisata telah memberikan kontribusi dan peran strategis dalam pembangunan perekonomian nasional, pengembangan wilayah maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui kontribusi dalam menyumbangkan devisa, kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), penciptaan lapangan kerja, di samping peran sosial, budaya dan lingkungan dalam kerangka pelestarian sumber daya alam dan budaya, maupun dalam meningkatkan rasa cinta tanah air dan perekat persatuan bangsa. Berdasarkan amanat Presiden Republik Indonesia, Pariwisata Indonesia diharapkan dapat terus diperkuat dan dikembangkan menjadi sektor unggulan dan core business pembangunan nasional.

Dokumen Rencana Strategis Kementerian Pariwisata 2018 – 2019 diharapkan dapat memperkuat skenario dan strategi pembangunan kepariwisataan nasional yang lebih terarah, fokus, terpadu dan terukur dengan memastikan partisipasi stakeholders dalam membangun ekosistem kepariwisataan melalui semangat Indonesia Incorporated untuk kemajuan kepariwisataan nasional. Selain itu dokumen ini kiranya akan menjadi pedoman bagi seluruh unit dalam Kementerian Pariwisata untuk menyusun program kegiatan sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sampai tahun 2019 mendatang.

Download

  1. PERATURAN MENTERI PARIWISATA RI NOMOR 29 TAHUN 2015
  2. BUKU RENCANA STRATEGIS 2018 - 2019 KEMENTERIAN PARIWISATA