Visi Misi

Jumat, 30 Agustus 2019

  Sesuai NAWACITA Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla - 9 Program Perubahan Untuk Indonesia

 

  1. Kami akan menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, melalui pelaksanaan politik luar negeri bebas aktif, keamanan nasional yang tepecaya dan pembangun pertahanan negara Tri Matra terpadu yang dilandasi kepentingan nasional dan memperkuat jati diri sebagai negara maritim.
  2. Kami akan membuat pemerintah tidak absen dengan membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya.
  3. Kami akan membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.
  4. Kami akan menolak negara lemah dengan melakukan reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan tepercaya.
  5. Kami akan meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia.
  6. Kami akan meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional.
  7. Kami akan mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi domestik.
  8. Kami akan melakukan revolusi karakter bangsa, melalui kebijakan penataan kembali kurikulum pendidikan nasional dengan mengedepankan aspek pendidikan kewarganegaraan.
  9. Kami akan memperteguh kebinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebinekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antarwarga.


Visi Kementerian Pariwisata


Berdasarkan Peraturan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan dan Penelaahan Rencana Strategis Kementerian/Lembaga (Renstra K/L) 2015-2019, visi merupakan rumusan umum mengeni keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan. Periode perencanaan yang dimaksud yaitu tahun 2018-2019. Visi Kementerian Pariwisata 2018-2019 yaitu:


"Indonesia Menjadi Negara Tujuan Pariwisata Kelas Dunia"


Berdasarkan visi diatas, terdapat kata kunci visi yaitu negara tujuan pariwisata kelas dunia. Definisi dari negara tujuan pariwisata kelas dunia yaitu Indonesia menjadi salah satu pilihan utama Wisman dan Wisnus untuk berwisata dengan destinasi yang didukung oleh atraksi yang menarik, aksesibilitas yang mudah, dan amenitas yang berkualitas.


Misi Kementerian Pariwisata


Berdasarkan Permen PPN Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyusunan dan Penelaahan Rencana Strategis Kementerian/Lembaga (Renstra K/L) 2015-2019, misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang dilaksanakan dalam mewujudkan visi. Ketepatan dalam perumusan misi akan menentukan capaian visi. Berdasarkan visi yang telah ditetapkan Kementerian Pariwisata, maka dirumuskan misi Kementerian Pariwisata, yaitu:

1. Mengembangkan Destinasi Pariwisata Kelas Dunia

2. Melakukan Pemasaran Dengan Berorientasi Kepada Wisatawan

3. Mengembangkan Lingkungan Dan Kapasitas Industri Pariwisata Yang Berdaya Saing Tinggi

4. Meningkatkan Kapasitas Dan Kapabilitas Kelembagaan Pariwisata Nasional

5. Meningkatkan Profesionalisme Birokrasi Kementerian Pariwisata Melalui Reformasi Birokrasi