Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID)

Kamis, 31 Oktober 2013

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik yang mempunyai tanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/ atau pelayanan informasi di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk melaksanakan Keterbukaan Informasi Publik, dengan :

1 menjamin  hak  warga  negara  untuk  mengetahui  rencana  pembuatan  kebijakan  publik, program  kebijakan  publik,  dan  proses  pengambilan  keputusan  publik,  serta  alasan pengambilan suatu keputusan publik;
                       
2 mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik;
                       
3 meningkatkan  peran  aktif  masyarakat  dalam  pengambilan  kebijakan  publik  dan pengelolaan Badan Publik yang baik;
                       
4 mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik, yaitu yang transparan, efektif dan efisien, akuntabel serta dapat dipertanggungjawabkan;
                       
5 mengetahui alasan kebijakan publik yang mempengaruhi hajat hidup orang banyak;
                       
6 mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa; dan/atau
                       
7 meningkatkan  pengelolaan  dan  pelayanan  informasi  di  lingkungan  Badan  Publik  untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas.
                       
PPID bertujuan mewujudkan pelayanan cepat, tepat, dan sederhana dengan  membuat  dan  mengembangkan  sistem  penyediaan  layanan  informasi  secara  cepat, mudah, dan wajar sesuai dengan petunjuk teknis standar layanan Informasi Publik yang berlaku secara nasional
                       
                       
PPID bertanggungjawab mengkoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh Informasi Publik yang berada di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
                       
Tugas PPID Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif:    
                       
1 mengkoordinasikan pengumpulan seluruh Informasi Publik secara fisik dari setiap unit/satuan kerja yang meliputi:
  a informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;  
  b informasi yang wajib tersedia setiap saat;      
  c informasi terbuka lainnya yang diminta Pemohon Informasi Publik.  
                       
2 mengkoordinasikan pendataan Informasi Publik yang dikuasai oleh setiap unit/satuan kerja di Badan Publik dalam rangka pembuatan dan pemutakhiran Daftar Informasi Publik setelah dimutakhirkan oleh pimpinan masing-masing unit/satuan kerja sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam sebulan.
                       
3 mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan seluruh Informasi  Publik di bawah penguasaan Badan Publik yang dapat diakses oleh publik.
                       
4 mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan Informasi Publik melalui pengumuman dan/atau permohonan.
                       
5 Dalam hal kewajiban mengumumkan Informasi Publik, PPID bertugas untuk mengkoordinasikan :
  a pengumuman Informasi Publik melalui media yang secara efektif dapat menjangkau seluruh pemangku kepentingan
  b penyampaian Informasi Publik dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, mudah dipahami serta mempertimbangkan penggunaan bahasa yang digunakan oleh penduduk setempat.
                       
6 Dalam hal adanya permohonan Informasi Publik PPID bertugas  
  a mengkoordinasikan pemberian Informasi Publik yang dapat diakses oleh publik dengan petugas informasi di berbagai unit pelayanan informasi untuk memenuhi permohonan Informasi Publik,
  b melakukan pengujian tentang konsekuensi yang timbul sebagaimana diatur dalam Pasal 19 Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik sebelum menyatakan Informasi Publik tertentu dikecualikan,
  c menyertakan alasan tertulis pengecualian Informasi Publik secara jelas dan tegas, dalam hal permohonan Informasi Publik ditolak
  d. menghitamkan atau mengaburkan Informasi Publik yang dikecualikan beserta alasannya.
                       
7 Dalam hal terdapat keberatan atas penyediaan dan pelayanan Informasi Publik, PPID bertugas mengkoordinasikan dan memastikan agar  pengajuan keberatan diproses berdasarkan prosedur penyelesaian keberatan apabila permohonan Informasi Publik ditolak.
                       
                       
Wewenang PPID            
1 mengkoordinasikan setiap unit/satuan kerja di Badan Publik dalam melaksanakan pelayanan Informasi Publik;
                       
2 memutuskan suatu Informasi Publik dapat diakses publik atau tidak berdasarkan pengujian tentang konsekuensi sebagaimana diatur dalam Pasal 8 ayat (4) huruf b;
                       
3 menolak permohonan Informasi Publik secara tertulis apabila Informasi Publik yang dimohon termasuk informasi yang dikecualikan/rahasia dengan disertai alasan serta pemberitahuan tentang hak dan tata cara bagi pemohon untuk mengajukan keberatan atas penolakan tersebut; dan
                       
4 menugaskan pejabat fungsional dan/atau petugas informasi di bawah wewenang dan koordinasinya untuk membuat, memelihara, dan/atau memutakhirkan Daftar Informasi Publik secara berkala sekurang-kurangnya 1 (satu) kali dalam sebulan dalam hal Badan Publik memiliki pejabat fungsional dan/atau petugas informasi.
                       
Dalam pelaksanaan keterbukaan  Informasi Publik, seluruh  jajaran pejabat  publik  harus  menjadi  lebih  transparan,  bertanggung  jawab,  dan  berorientasi  pada  pelayanan  rakyat  yang  sebaik-baiknya  karena  pelaksanaan  keterbukaan  Informasi  Publik  bukan  semata-mata  tugas Pejabat  Pengelola  Informasi  dan  Dokumentasi  saja,  tetapi  menjadi  tugas Badan Publik beserta seluruh sumber daya manusianya.  Dengan  demikian  pelaksanaan  keterbukaan  Informasi  Publik  diharapkan dapat  mendorong  penyelenggaraan  kehidupan  berbangsa  dan  bernegara menjadi lebih demokratis