Prosedur Permohonan Informasi

Senin, 10 September 2018

  • Setiap  orang  berhak  memperoleh  Informasi  Publik  dengan  cara  melihat  dan  mengetahui informasi serta mendapatkan salinan Informasi Publik.
  • Seluruh Informasi Publik yang berada pada situs ini selain informasi yang dikecualikan dapat diakses oleh Publik melalui prosedur permohonan Informasi Publik.
  • Permohonan Informasi Publik dapat dilakukan secara tertulis atau tidak tertulis.
  • Dalam hal permohonan diajukan secara tertulis, pemohon:

           a.  mengisi formulir permohonan; dan

           b.  membayar biaya salinan dan/atau pengiriman informasi apabila dibutuhkan.

  • Dalam  hal  permohonan  diajukan  secara  tidak  tertulis,  PPID  memastikan  permohonan Informasi Publik tercatat dalam formulir permohonan.
  • Formulir  permohonan  sebagaimana  dimaksud  memuat:

            a. nomor pendaftaran yang diisi berdasarkan nomor setelah permohonan  Informasi Publik di registrasi;

            b. nama;

           c. alamat;

           d. pekerjaan;

           e. nomor telepon/e-mail;

           f. rincian informasi yang dibutuhkan;

           g. tujuan penggunaan informasi;

           h. cara memperoleh informasi; dan

           i. cara mendapatkan salinan informasi

  • Dalam  hal permohonan  Informasi Publik dilakukan melalui  surat elektronik atau pemohon datang  langsung,  PPID  wajib  memastikan  diberikannya  nomor  pendaftaran  pada  saat permohonan diterima.
  • Dalam  hal  permohonan  Informasi  Publik  dilakukan melalui  surat  atau  faksimili  atau  cara lain  yang  tidak memungkinkan  bagi  Badan  Publik  untuk memberikan  nomor  pendaftaran secara  langsung, PPID wajib memastikan nomor   pendaftaran dikirimkan kepada Pemohon Informasi Publik.
  • Register permohonan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sekurang-kurangnya memuat:

           a. nomor pendaftaran permohonan;

b. tanggal permohonan;

c. nama Pemohon Informasi Publik;

d. alamat;

e. pekerjaan;

f. nomor kontak;

g. Informasi Publik yang diminta;

h. tujuan penggunaan informasi;

i. status  informasi  untuk mencatat  apakah  informasi  sudah  berada  di  bawah  penguasaan

Badan Publik atau telah didokumentasikan;

j. format informasi yang dikuasai;

k. jenis  permohonan  untuk  mencatat  apakah  Pemohon  Informasi  ingin  melihat  atau

mendapatkan salinan informasi;

l. keputusan  untuk  menerima,  menolak,  atau  menyarankan  ke  Badan  Publik  lain  bila

informasi yang diminta berada di bawah kewenangan Badan Publik lain;

m. alasan penolakan bila permohonan Informasi Publik ditolak;

n. hari dan tanggal Pemberitahuan Tertulis serta pemberian informasi; dan

o. biaya serta cara pembayaran untuk mendapatkan Informasi Publik yang diminta.

  • Standar  biaya  perolehan  salinan  Informasi  Publik  yang  terdiri atas:

               a. biaya penyalinan Informasi Publik;

    b. biaya pengiriman Informasi Publik; dan

    c. biaya pengurusan  izin pemberian Informasi Publik yang di dalamnya terdapat informasi  pihak ketiga.