Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Pengumuman Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi dapat dilihat pada link berikut!
  • Pengumuman Pemenang ISTA 2018 dapat dilihat pada link berikut berikut!
  • Pengumuman Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018 dapat dilihat pada link berikut!
  • Pengumuman Hasil SKD CPNS 2018 dapat dilihat di link berikut!
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 Pengumuman Seleksi Jabatan
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
 Calender Of Event
 ISTA 2018
 Tentang ISTA
 Pedoman ISTA
 Dokumen dan Formulir Pendaftaran ISTA
 Pengumuman Pemenang ISTA
 
Berita Utama
News : Kuliner Yogyakarta yang Bisa Dinikmati Saat Tiba di Giwangan
8-Jun-2018 00:00




YOGYAKARTA – Sebagai salah satu daerah tujuan wisata, Yogyakarta dipastikan akan sangat sibuk dalam #PesonaMudik2018. Apalagi ada sejumlah pintu masuk ke Yogyakarta. Salah satunya Terminal Giwangan. Kalian yang letih setelah perjalanan panjang, silahkan berburu #PesonaKulinerLebaran2018 di sekitar Giwangan. Banyak makanan lezat loh.


“Yogyakarta pasti akan sibuk saat Lebaran nanti. Karena, mereka adalah daerah tujuan wisata, Yogyakarta akan diserbu pengunjung. Tapi tidak perlu khawatir. Karena, Yogyakarta memiliki segalanya dan siap memanjakan pemudik,” papar Menteri Pariwisata Arief Yahya, Rabu (6/6).


Buat kalian yang sudah tiba di Yogyakarta melalui Giwangan, berikut #10TopKulinerLebaran2018 di Yogyakarta, khususnya sekitar Giwangan, yang bisa dijadikan panduan.


1. Soto Lamongan Cak Ud


Yogyakarta juga memiliki makanan dari Lamongan. Yaitu soto. Kuliner ini bisa menjadi solusi bagi yang rindu Soto Lamongan. Kalian bisa langsung mendatangi Rumah Makan Soto Lamongan Cak Ud.  Rumah Makan ini beralamat di Terminal Giwangan Blok C Nomor 17, Giwangan, Yogyakarta. Soto Lamongan Cak Ud ini buka setiap hari, dari pukul 04.00-16.00 WIB.


2. Warung Kopi Puspita


Jika menginap atau sampai di sekitar Giwangan, mampirlah di Warung Kopi Puspita untuk melepas lelah. Warung kopi ini lokasinya strategis. Bisa dijadikan tempat berkumpul bersama teman atau keluarga. Warung Kopi Puspita beralamat di Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta.


3. Warung Soto Pak Heri


Kuliner berkuah satu ini, sudah berdiri sejak tahun 1992. Warung ini menjual soto campur yang berkuah bening dan dengan berbagai isian. Tak hanya soto, ada juga bubur ayam dengan kuah santan yang menggoda.


Soto campur di warung ini dibanderol mulai dari harga Rp 6.000. Soto Pak Heri mulai buka pukul 17.00 hingga dini hari. Warung ini berlokasi di Jalan Imogiri Timur No. 226 Giwangan, Yogyakarta.


4. Bale Ayu


Restoran keluarga ini hanya berjarak 600 meter dari Terminal Giwangan. Kuliner yang disajikan adalah berbagai hidangan ikan air tawar dan seafood. Olahan Gurami menjadi menu favoritnya. Resto ini menghadirkan suasana joglo yang. Ada juga pilihan gazebo yang bisa digunakan pelanggan. Kapasitasnya yang luas, bisa untuk menikmati waktu bersama keluarga dan menjamu kolega.  Restoran Bale Ayu buka setiap hari pukul 9 pagi sampai pukul 10 malam


5. Gudeg Yu Sum


Kuliner yang satu ini pasti banyak dicari jika bertandang ke Jogja. Perpaduan gurih dan manis dari Gudeg, Krecek, dan berbagai macam lauk tidak bisa terlewatkan. Gudeg Yu Sum beralamat di Jl. Imogiri Timur No.169, Nglebeng, Tamanan, Banguntapan, Bantul, DIY. Lokasinya sangat terjangkau karena dekat dengan Terminal Giwangan.


Gudeg Yu Sum buka setiap hari dari jam 06.00–21.00 WIB. Harga gudeng di sini  mulai dari Rp 11.000 sampai Rp 35.000. Tak hanya untuk dimakan di tempat, Gudeg Yu Sum juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.  Ada paket besek dengan harga berkisar Rp 70.000-Rp 270.000.


6. Mie Ayam Tumini


Mie yang satu ini sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat Yogyakarta ataupun dari luar kota. Beralamat di Jalan Imogiri Timur Nomor 187, Umbul Harjo, Yogyakarta, warung ini selalu ramai disesaki pelanggan. Mie Ayam Bu Tumini telah ada sejak awal tahun 1990-an.


Mie Ayam Bu Tumini memiliki mie dengan ciri khas. Yaitu ukuran yang cukup besar serta kuah yang kental kecoklatan. Kuah dengan cita rasa gurih manis tersebut, berasal dari proses pemasakan ayam yang digunakan untuk toping.


Di warung ini, pengunjung bisa memilih beberapa mi ayam. Yakni mi ayam ceker, mi ayam jumbo, mi ayam ekstra ayam, dan ada juga pilihan sawi ayam. Harga per-porsinya mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 10.000 saja.

Warung ini buka dari jam 09.00 - 16.00.


7. Sate Klatak

Indonesia dikenal banyak memiliki makanan khas, salah satunya Sate. Nah di Yogyakarta ada menu Sate Sapi yang bisa jadi andalan santap malam. Nama tempatnya Sate Sapi Karang Pak Prapto. Sate ini berbahan dasar otot sapi yang kenyal dan lunak.


Satu porsi sate  dengan harga Rp 32.000, pembeli akan mendapat 10 tusuk sate dan satu piring lontong dengan kuah santan tempe. Ada tiga pilihan bumbu yang tersedia yakni bumbu kacang, bumbu kecap, dan bumbu kocor.


Warung Sate ini beralamat di Jl. Nyi Pembayun, Lapangan Karang Kota Gede, Prenggan, Yogyakarta. Jam buka warung ini mulai dari pukul 17.00 hingga 22.00 WIB.


8. Mangut Lele Bu Is


Kuliner yang satu ini tidak kalah enak dari Sate Klathak legendaris yang ada di sepanjang Jalan Imogiri. Mangut Lele Bu Is ini terletak di Jalan Imogiri Barat KM12, lebih tepatnya ± 20meter dari Perempatan Jetis.


Menu yang paling terkenal disini adalah Mangut Lele yang bercita rasa gurih dengan paduan Gudangan Sayur dan Sambal Petis. Satu porsi mangut lele di bandrol Rp12.000 - Rp 15.000 sudah lengkap dengan pilihan minuman sesuai selera.


Mangut Lele Bu Is ini mulai buka pukul 08.00 sampai 20.00. Jam buka warung mangut lele ini bisa jadi lebih cepat karena menu sudah habis diburu pengunjung. Jadi jika ingin mencicipi kuliner yang satu ini, usahakan datang sedari siang.


9. Angkringan Kang Jamboel


Angkringan merupakan kuliner khas Jogja yang kerap kali dirindukan. Terlebih di Angkringan Kang Jamboel menyediakan masakan tradisional Jawa yang ditata dalam sebuah gerobak.


Angkringan yang terletak di Jl. Ringroad Selatan ini buka dari sore hingga malam hari. Anda bisa mencapainya dari persimpangan Ringroad daerah Kotagede. Selain menyediakan makanan berat, di Angkringan Kang Jamboel juga terdapat berbagai minuman dan makanan ringan sebagai teman ngobrol.


10. Thiwul Ayu "Mbok Sum"


Terletak di Jalan Pramuka, Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta, Thiwul Ayu Mbok Sum sayang untuk dilewatkan. Kuliner tradisional berbahan dasar singkong ini sudah jarang ditemui.


Ada beberapa pilihan rasa tiwul di tempat ini, antara lain adalah Thiwul Gula Jawa, Thuwul Gula Pasir, Thiwul Sambal, dan Thiwul Gurih. Tiwul ini memiliki tekstur yang kenyal, dengan perpaduan rasa manis dan gurih yang berasal dari campuran gula jawa dan juga parutan kelapa.

Laporan 4 Tahun Jokowi - JK

 

                Download

Pengumuman Seleksi CPNS

Hubungi Kami

      

E-Magazine

       

Selengkapnya...

Tourist Statistik

Kinerja
Daftar LSU Pariwisata
Laporan Akuntabilitas Kementerian Pariwisata (LAKIP) Tahun 2017
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2016
Selengkapnya...
Pengumuman
Pengumuman Hasil Seleksi Kompetensi Dasar
Penundaan Pengumuman CPNS
Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved