Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Only 55 days left to the #AsianGames2018 just Prepare For The Games! 🇮🇩
  • Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018 dapat dilihat di Menu Berita-->ISTA
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 Pengumuman Seleksi Jabatan
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
 Calender Of Event
 ISTA 2018
 Tentang ISTA
 Pedoman ISTA
 Dokumen dan Formulir Pendaftaran ISTA
 
Berita Utama
News : Pengakuan Wonderful Indonesia Sebagai Brand of The Year Indonesia 2018 Sangat Membanggakan
9-Mar-2018 00:00

JAKARTA – Menteri Pariwisata Arief Yahya, mengaku mendapat sebuah kehormatan. Sebab, brand yang diusung Kementerian Pariwisata, Wonderful Indonesia, dinobatkan sebagai Brand of The Year Indonesia 2018. Prestasi ini sangat membanggakan.

Penghargaan Brand of The Year Indonesia 2018 dilakukan Philip Kotler Center for ASEAN Marketing. Penghargaan untuk Wonderful Indonesia diserahkan, Kamis (8/3), di Ballroom Raffles Hotel Jakarta, Ciputra World. Yaitu dalam awarding night WOW Brand Festive Day 2018, yang diselenggarakan MarkPlus Inc.

Penghargaan untuk Wonderful Indonesia diterima Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kementarian Pariwisata Esthy Reko Astuty. Beliau mewakili Menteri Pariwisata Arief Yahya yang sedang berada di Berlin, Jerman.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada MarkPlus dan Philip Kotler Center, yang telah memberikan penghargaan kepada Wonderful Indonesia sebagai Brand of The Year Indonesia 2018,” tutur Menpar, Jumat (9/3), disela-sela pameran pariwisata Internationale Tourismus Borse (ITB) Berlin, Jerman.

“Ini merupakan kehormatan besar buat Wonderful Indonesia. Dan saya akan membuktikan jika brand value itu ada impact-nya. Saya berikan contoh, tahun 2016 transaksi yang kita raih sebesar Rp6 triliun. Sedangan tahun 2017 Rp8 triliun. Tahun 2018 ini, kita targetkan sebesar Rp10 triliun,” sambungnya.

Buat Menteri Arief Yahya, penghargaan Brand of The Year Indonesia 2018, juga berpengaruh pada 3C. Yakni Confidence, Credibility, dan Calibration.

"Award akan menaikkan tingkat kepercayaan (confidence level) kita. Penghargaan pada dasarnya adalah sebuah legitimasi atau pengakuan. Bila kita mendapatkan penghargaan, maka self confidence kita akan naik. Banyak sekali orang yang menyatakan bahwa penghargaan ini meningkatkan self confidence," katanya.

Menurutnya, jika dikomunikasikan dengan baik, award yang diperoleh dapat menjadi marketing yang paling efektif untuk image.

"Kita tidak perlu bersusah payah menyampaikan keunggulan yang kita miliki. Orang lainlah yang menyatakannya. Nigel Botterill – pemenang BT Entrepreneur Award – menyatakan “It provides instant credibility! People will remember long after the award is presented," jelasnya.

Dijelaskannya, membentuk persepsi melalui positive referal sangat efektif. Namun tentunya harus diikuti dengan kinerja yang baik pula.

Bukan tanpa alasan Wonderful Indonesia-Pesona Indonesia (WI-PI) dipilih menjadi Brand Of the Year Indonesia 2018. Perhitungannya dikalibrasi, dan dengan penilaian ketat.

Buktinya, dalam awarding night WOW Brand Festive Day, penerima penghargaan kategori lain bisa lebih dari satu. Tapi, khusus Brand of The Year Indonesia, hanya ada satu.

WI-PI memang layak meraih penghargaan tersebut. Sebab, melalui brand WI-PI, pariwisata menempati peringkat kedua sebagai penyumbang devisa.

"Pemberian penghargaan ini bukan hanya mengacu pada keberhasilan yang telah diraih WI-PI di dunia internasional, tapi dampak luar biasa yang berhasil disumbang, seperti tampilnya sektor pariwisata sebagai kontributor kedua perekonomian Indonesia di tahun 2017. Pencapaian seperti ini barangkali akan susah ditandingi oleh brand lain di masa depan," ujar Founder and Chairman MarkPlus Inc dan salah satu Tri-Founder Philip Kotler Center for ASEAN Marketing Hermawan Kartajaya.

Hermawan menambahkan, sebagai salah satu sektor unggulan Indonesia, pariwisata berhasil mendatangkan 14,04 juta wisatawan mancanegara tahun 2017.

Kunjungan wisman ke Indonesia di tahun 2017 adalah suatu capaian yang acceptable. Terlebih, dipenghujung 2017 terjadi juga force majeur. Yaitu erupsi Gunung Agung di Bali.

Walau sempat terganggu erupsi Gunung Agung, Kemenpar mampu menjaga brand WI-PI. Salah satunya dengan pengembangan destinasi digital di daerah.

Belum lagi keberhasilan Bali menjadi Best Destination dalam TripAdvisor Traveller’s Choice Award 2017. Penghargaan ini cukup bergengsi. Karena penilaiannya berbasis pilihan wisatawan dari seluruh dunia. (*)

ISTA 2018

 

Hubungi Kami

      

Asian Games 2018

     

E-Magazine

       

Selengkapnya...

Tourist Statistik

Kinerja
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2016
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Tahun 2015
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2015
Selengkapnya...
Pengumuman
Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik
Pengumuman Hasil Seleksi Terbuka Pengisian JPT Madya
Pengumuman Hasil Seleksi Terbuka Pengisian JPT Pratama
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved