Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2017 ( Menu : Berita > Seleksi Penerimaan CPNS 2017 > Seleksi Kompetensi Dasar )
  • Pengumuman Verifikasi Administrasi CPNS 2017 ( Menu : Berita > Seleksi Penerimaan CPNS 2017 > Verifikasi Administrasi )
  • Pengumuman Nominasi Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • International Year Of Sustainable Tourism For Development 2017 ( Menu : Berita > International Conference On Sustainable )
  • Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Pariwisata Tahun 2017 ( Menu : Berita > Seleksi Penerimaan CPNS 2017 )
  • Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • Student Video Essays Contest (menu : Berita > Pengumuman )
  • Pengumuman Usulan Dana Alokasi Khusus Subbidang Pariwisata Tahun Anggaran 2016
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 ISTA
 Seleksi Penerimaan CPNS 2017
 Seleksi CPNS
 Verifikasi Administrasi
 Seleksi Kompetensi Dasar
 International Conference On Sustainable Tourism
 
Berita Utama
Siaran Pers Tim Krisis Center Kemenpar Terus Cermati Perkembangan Status Gunung Agung
19-Sep-2017 12:00

PVMBG: Gunung Agung belum meletus dan tidak mengeluarkan hujan abu. Masyarakat harus waspada terhadap beredarnya  hoax dan informasi yang menyesatkan.  

Jakarta, 19 September 2017---Tim Krisis Center Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus mencermati perkembangan status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem Bali, sebagaimana laporan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali, dan  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang menetapkan Siaga (Level III).

Laporan PVMBG dan hasil pantuan visual dari Pos Pengamatan Gunungapi Agung Kabupaten Karangasem Bali menyebutkan hingga  Senin (18/9/2017) pukul 21.00 Wita, Gunung Agung belum meletus dan tidak mengeluarkan hujan abu. Pos Pengamatan Gunungapi Agung melaporkan hingga pagi ini (Selasa,19/9) terjadi  sebanyak 108 gempa vulkanik dangkal dengan durasi 10-30 detik dan gempa tektonik lokal sebanyak 3 kali dengan durasi 30-35 detik. Namun, secara visual terlihat jelas dan tidak ada asap keluar dari kawah.

Sementara itu dari analisis dari pantauan satelit Himawari dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) juga menunjukkan belum terdeteksi adanya hujan abu di sekitar Gunung Agung.  Terdeteksi anomali suhu di kawah akibat aktivitas Gunung Agung,  namun tidak ada hembusan abu dan sebaran abu yang keluar dari kawah.

PVMBG  menegaskan bahwa adanya informasi hujan abu dan foto-foto aktivitas vulkanik Gunung Agung yang beredar di sosmed adalah tidak benar (hoax).  Kemungkinan itu adalah material abu dari kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sekitar Gunung Agung.  PVMBG menghimbau masyarakat agar tenang dan  jangan terpancing isu-isu menyesatkan karena  saat ini banyak beredar hoax dan informasi yang menyesatkan sehingga menimbulkan keresahan.  

PVMBG terus memantau aktivitas Gunung Agung secara intensif dan akan menyampaikan setiap informasi kepada BNPB dan BPBD, sementara pemerintah terus mengambil langkah-langkah antisipasi di antaranya menyiapkan skenario kontijensi bencana jika letusan Gunung Agung terjadi.

Pengalaman Tim Crisis Center Kemenpar dalam menangani dampak erupsi Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur pada Juli 2015  menemukan sejumlah persoalan krusial di antaranya penanganan  terhadap penumpang pesawat yang penerbangannya terganggu, tertunda atau dihentikan sementara akibat erupsi maupun  penyiapan akomodasi (penginapan) ketika mereka harus menunggu  dalam ketidakpastian. Menghadapi situasi seperti itu Kemenpar telah mempunyai panduan (SOP) contingency plan  yakni prosedur rencana pengalihan bagi penumpang pesawat via darat dan laut.

Menurut catatan PVMBG Gunung Agung sejak tahun 1800 sudah 4 kali meletus yakni tahun 1808, 1821, 1843,  dan terakhir tahun 1963 terjadi sejak 18 Februari 1963 dan berakhir hingga 27 Januari 1964. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik)

Tourist Statistik

Fokus Berita
Siaran Pers Pemerintah Tawarkan Proyek Pariwisata Senilai Rp 39 Triliun
Siaran Pers Deputi BP3M Kemenpar Gelar Diskusi Bulanan dengan Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar)
Siaran Pers Fun Bike & Launching Tour de Singkarak 2017 The Biggest Sport Tourism
Selengkapnya...
Kinerja
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2016
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Tahun 2015
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2015
Selengkapnya...
Pengumuman
Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Kementerian Pariwisata Tahun 2017
Seleksi CPNS Kementerian Pariwisata Tahun 2017
Daftar Pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved