Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Pengumuman Nominasi Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • International Year Of Sustainable Tourism For Development 2017 ( Menu : Berita > International Conference On Sustainable )
  • Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Pariwisata Tahun 2017 ( Menu : Berita > Seleksi Penerimaan CPNS 2017 )
  • Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • Student Video Essays Contest (menu : Berita > Pengumuman )
  • Pengumuman Usulan Dana Alokasi Khusus Subbidang Pariwisata Tahun Anggaran 2016
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 ISTA
 Seleksi Penerimaan CPNS 2017
 International Conference On Sustainable Tourism
 
Berita Utama
Siaran Pers Jakarta BKT 5K Festival 2017
10-Sep-2017 15:00

Mempromosikan Banjir  Kanal Timur (BKT) sebagai kawasan wisata; area sport, kuliner, dan wisata sungai.

Jakarta, Minggu 10 September 2017--- Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BBPI), Walikota Jakarta Timur menggelar lomba lari  BKT 5 K  atau Banjir Kanal Timur 5 km yang berlangsung di Bantaran Kali Timur, dekat Pintu Air BKT Jl. Jendral Rs. Soekanto, Jakarta Timur, Minggu pagi (10/9).

Penyelenggaraan lomba lari BKT 5 K  yang baru pertama kali ini sebagai upaya mempromosikan kawasan Banjir Kanal Timur sebagai area olarahraga wisata (sport tourism) serta arena kuliner dan wisata sungai. “Kita ingin promosikan area wisata BKT ini antara lain dengan kegiatan lomba lari  BKT 5 K. Kegiatan lomba lari ini banyak diminati masyarakat, yang sekaligus untuk mengenalkan langsung  BKT yang dalam pariwisata adalah seeing is believing,” kata Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputy BP3N) Esthy Reko Astuti usai melepas peserta lari BKT 5 K bersama Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) Yanti Soekamdani.  

Esthy Reko Astuti mengatakan, lomba lari BKT 5 K  ini sebagai  awal untuk menuju wisata sungai. “Jakarta yang dilintasi beberapa sungai layak mempunyai wisata sungai, antara bisa diawali dari Sungai Banjir Kanal Timur yang panjangnya sejauh 23,5 km,” kata Esthy Reko Astuti.   

Ketua BPPI Yanti Soekamdani mengatakan, penyelenggaraan event BKT 5 K  ini sebagai upaya mempromosikan BKT juga sekaligus mengajak masyarakat Jakarta dan sekitarnya hidup sehat. “Olah raga yang diminati oleh masyarakat luas adalah lari. Karena olahraga ini simple, mudah , murah,  dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Selaian itu, olah raga ini memiliki manfaat seperti menurunkan resiko penyakit  jantung, mengurangi resiko diabetes dan masih banyak manfaat lainnya. Belakang ini, Olahraga lari kian popular di kalangan \ masyarakat dan menjadi lebih menarik dan dinamis. Tidak hanya untuk menunjang kesehatan saja,  olahraga lari menjadi kegiatan yang memberikan pengalaman yang mengasyikkan,” kata Yanti Soekamdani.

Event lomba lari BKT 5 K, menurut Yanti Soekamdani, diharapkan    menjadi even tahunan sehingga kegiatan olahraga lari ini dapat meningkatkan animo masyarakat Jakarta hususnya wilayah Jakarta timur untuk mengenal lebih baik tentang area BKT  dan menikmati keindahan alam serta menjaga kebersihan area BKT.

Lomba lari BKT 5 K ini tidak dikenakan biaya. Para pemenang lomba untuk kategori pria dan wanita mendapat hadiah. Selain itu para peserta juga akan mendapat hiburan atau entertainment serta dapat melihat pameran (bazaar) multi produk .

Pemda DKI Jakarta dalam upaya menangani masalah banjir di wilayah Timur dan Utara Jakarta  telah membangun Banjir Kanal Timur (BKT) yang memiliki mencapai 23,5 km dengan kedalaman  4 meter  hingga 7 meter dan   lebar di bagian hulu  mencapai 100 meter dan di bagian muara 200 meter. Kanal ini membentang dari Cipinang di Jakarta Timur hingga kawasan Marunda di Jakarta utara. Fungsi kanal ini adalah sebagai saluran kolektor yang memotong lima sungai yaitu Sungai Cipinang, Sungai Sunter, Sungai  Buaran,  Sungai Jati Kramat , dan Sungai Cakung. Kawasan BKT ini berpontensi sebagai kawasan wisata dengan area yang terbagi-bagi menjadi area  olahraga,  kuliner, dan wisata sungai. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik


Tourist Statistik

Fokus Berita
NARASI TUNGGAL : Hari Maritim, Momentum Jadikan Indonesia Mercusuar Dunia
Visi Misi Kemenpar, Homestay Dan Progress Homestay
Siaran Pers : ITdBI 2017 Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Banyuwangi
NARASI TUNGGAL : Waspada Pandemi Influenza, Kemenkes Simulasi Siaga
Selengkapnya...
Kinerja
Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekretariat Kementerian Pariwisata Tahun 2016
Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2016
Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2015
Selengkapnya...
Pengumuman
Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017
Daftar Nama Pemenang Lomba Anugerah Pesona Bahari 2016
Pendaftaran Peserta World Halal Tourism Summit 2016 di Abu Dhabi UEA Dibuka!
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved