Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • Student Video Essays Contest (menu : Berita > Pengumuman )
  • Pengumuman Usulan Dana Alokasi Khusus Subbidang Pariwisata Tahun Anggaran 2016
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 ISTA
 
Berita Utama
Siaran Pers Launching Makassar International Eight Festival & Forum 2017
9-Mei-2017 18:00

Penyelenggaraan MIEFF 2017 sebagai festival budaya yang menampilkan 8 unsur pertunjukan; fashion, film, folk, flora & fauna, fine art, fussion music, dan fiction writer & font  ini merupakan sarana dalam rangka mempromosikan Kota Makassar sebagai destinasi pariwisata dan menjadi  pintu gerbang utama  menuju Indonesia Timur sekaligus mendukung program Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia dalam mencapai target  kedatangan 15 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air pada tahun ini.

Menpar  Arief Yahya memberi apresiasi penyelenggaraan MIEFF 2017 yang akan berdampak langsung terhadap peningkatan kunjungan wisatawan serta  menggerakan perekonomian masyarakat sekaligus sebagai sarana promosi yang efektif untuk mengenalkan daya tarik pariwisata Sumsel yang bertumpu  pada potensi alam (nature), budaya (culture), dan buatan manusia (manmade).
 
“Penyelenggaraan event MIEFF 2017 yang mentargetkan 1 juta pengunjung dan 100 peserta kota dunia merupakan sarana yang efektif untuk mempromosikan pariwisata karena memberikan news value serta direct impact ekonomi pariwisata yang tinggi,” kata Menpar Arief Yahya seraya mengatakan, pada penyelenggaraan pertama MIEFF 2016 tahun lalu berhasil menarik 300.000 pengunjung termasuk 100 peserta kota dunia (Australia, Swiss, India, Norwegia, Tunisia, Belanda, Amerika, Taiwan, Fiji,  dan Malaysia) serta menghasilkan transaksi sebesar Rp 5 miliar dan menjaring 30 sponsor.
 
Menpar Arief Yahya menjelaskan, Makassar sebagai salah satu destinasi kota MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition/Event) unggulan di wilayah Indonesia Timur harus kreatif meningkatkan daya saing dengan memperkuat unsur 3 A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) yang dampaknya akan meningkatkan kunjungan wisatawan. “Kunjungan wisman ke Makassar pada Maret 2017 mencapai 1.491 wisman atau naik 24,87% dibandingkan Maret 2016 sebanyak 1.194 wisman. Kenaikkan ini di atas kenaikan pariwisata nasional sebesar 5,47%,” kata Arief Yahya. 
Data BPS dan  Kemenpar menyebutkan, kunjungan wisman ke Indonesia pada Maret 2017 sebesar 1.021.538 atau meningkat 5,47% dibandingkan Maret 2016 sebesar 968.567, sementara itu secara kumulatif Januari-Maret (triwulan I) 2017 jumlah kunjungan wisman melalui seluruh pintu masuk sebanyak 3.012.051 atau tumbuh 9,19% dibandingkan periode yang sama tahun lalu berjumlah 2.758. 679 wisman. Kunjungan wisman pada triwulan I/2017 ini melampaui target yang ditetapkan sebesar 3 juta wisman. 
 
 
Gubernur  Sulsel H. Syahrul Yasin Limpo mengatakan, melalui penyelenggaraan event MIEFF 2017  ingin menunjukkan kepada masyarakat Indonesia dan mancanegara bahwa Makassar atau Sulsel merupakan destinasi menarik  dan kaya dengan daya tarik alam, budaya, serta daya tarik wisata buatan di antaranya Makassar sebagai kota MICE. “Makassar merupakan kota terbesar di Kawasan Tengah dan Timur Indonesia. Dalam hal konsumsi barang dan jasa, kota Makassar masuk ke dalam 5 kota yang terdepan di Indonesia bersama Jakarta, Surabaya, Medan dan Bandung.  Sektor utama yang mendukung ekonomi Makassar adalah perdangan, hotel, restoran dan investasi,” kata H.Syahrul Yasin Limpo.
 
Sementara itu Walikota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan, keberhasilan dalam penyelenggaraan MIEFF 2016 tahun lalu akan dilanjutkan dan ditingkatkan pada penyelenggaraan pada tahun ini. “Untuk itu target penyelenggaraan MIEFF 2017 kita tingkatkan terutama dari jumlah pengunjung sebanyak 1 juta orang dengan demikian kita harapkan akan lebih menarik bagi para sponsor,” kata Mohammad Ramdhan Pomanto.
 
 
Penyelenggaraan MIEFF 2017 mentargetkan; menampilkan 10 ikon kuliner;  100 peserta kota dunia; 1.000 pertunjukan musik; 10.000 atraksi budaya;  100.000 pagelaran seni dan pertunjukan; dan 1.000.000 pengunjung. Acara peluncuran MIEFF 2017 dimeriahkan dengan fashion show  menampilkan 8 orang model yang meragakan karya perancang Defrico Audi dengan Tema Sutera Cobo; pembacaaan puisi dari ‘10 Menjadi 1 Juta’  oleh Asia Ramli Prapanca; penyajian 10 ikon kuliner, pertunjukan Siswadi performance dan Andre Hehanussa performance, dan pertujukan kolaborasi tari dan musik tradisional kontemporer. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik)
Tourist Statistik

Fokus Berita
Siaran Pers Wapres Jusuf Kalla Resmikan Peluncuran Program Destinasi Wisata Religi Berbasis Masjid
NARSAI TUNGGAL - Paket Ekonomi 15 : Efesiensi Logistik tingkatkan Daya Saing
Siaran Pers Launching 10 Destinasi dengan Branding Baru dan Pameran A New Chapter of WI
Selengkapnya...
Kinerja
Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2015
Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekretariat Kementerian Pariwisata Tahun 2015
Laporan Akuntabilitas Kinerja Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Dan Budaya
Selengkapnya...
Pengumuman
Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017
Daftar Nama Pemenang Lomba Anugerah Pesona Bahari 2016
Pendaftaran Peserta World Halal Tourism Summit 2016 di Abu Dhabi UEA Dibuka!
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved