Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • Student Video Essays Contest (menu : Berita > Pengumuman )
  • Pengumuman Usulan Dana Alokasi Khusus Subbidang Pariwisata Tahun Anggaran 2016
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 ISTA
 
Berita Utama
Siaran Pers Launching Pesona Lombok Sumbawa & Kalender Event 2016 Destination brandingmemperkuat country branding; Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia
14-Des-2015 17:00

 Jakarta, 14 Desember 2015---Menteri Pariwisata diwakili Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuty bersama Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) K.H. TGH. Muhammad Zainul Majdi me-launching branding Pesona Lombok Sumbawa dan Kalender Event NTB 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kementerian Pariwisata, Senin (14/12).

Peluncuran branding dan kalender event pariwisatatersebut dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB  tahun 2016 yang mentargetkan 3 juta wisatawan terdiri 1,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 1,5 juta wisatawan nusantara (wisnus)  sekaligus mendukung country branding pariwisata nasional Pesona Indonesia dan Wonder Indonesia yang  telah mendunia.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuty mengatakan, Pesona Lombok Sumbawa merupakan destination branding dalam rangka mempromosikan potensi pariwisata daerah NTB ke mancanegara, sekaligus untuk mendukung branding  Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia sebagai country branding. Country branding Pesona Indonesia dan Wonder Indonesia  ini semakin diperkuat dengan destination branding yang dimiliki daerah di antaranya  Pesona Lombok Sumbawa sebagai branding pariwisata NTB yang diluncurkan pada hari ini,” kata Esthy Reko Astuty.

Esthy Reko Astuty mengatakan, branding Pesona Lombok Sumbawa diharapkan semakin menguatkan posisi tawar kepariwisataan NTB  menjadi  tujuan wisata utama  bagi wisnus maupun wisman. “Posisi pariwisata NTB semakin mendunia dengan terpilihnya Lombok sebagai TheWorld’s Best Halal dan The World’s Best Halal Honeymoon Destination pada ajang World Halal Travel Awards 2015 di Dubai, Uni Emirat Arab, baru-baru ini. Indonesia pada ajang tersebut juga meraih World’s Best Family Friendly Hotel untuk Sofyan Hotel Jakarta,” kata Esthy.

Sebagai country branding  Pesona Indonesia dan Wonder Indonesia telah mendunia,  hal itu terlihat dari  posisinya yang kini berada diranking 47 dunia dengan nilai  74,8  point  atau di tingkat Asia berada diuturan ke-4 dibawah  Jepang, India, dan Singapura. Strategi branding Wonderful Indonesia untuk penetrasi secara online dinilai lebih bagus dibandingkan  Thailand dan Malaysia.

Gubernur NTB  K.H. TGH. Muhammad Zainul Majdi mengatakan,  branding Pesona Lombok Sumbawa adalah komitmen pariwisata NTB kepada dunia yang sekaligus mempertegas posisi tawar Lombok dan Sumbawa dalam persaingan pariwisata internasional. Kata Pesonamenunjukan pesan kaya dengan ketakjuban dari segala aspek baik manusia, budaya maupun alamnya.

“Branding ini pada akhirnya bertujuan untuk menciptakan pariwisata berkelanjutan  atau sustainable tourism yang didukung oleh 3 pilar utama yaitu;  culture, nature, dan manmade. Ketiganya memberi makna bahwa alam (nature) NTB yg sangat indah baik berupa keindahan bawah laut, pantai, gunung, hutan, serta beranekaragam hayati.  Lombok Sumbawa juga secara jelas memiliki kekayaan budaya (culture) yang unik dan heterogen, berupa suku, bahasa, tradisi dan adat istiadat ( Bali, Sasak, Samawa dan Mbojo), sedangkan karya kreatif (creative-man made) putra-putri NTB harus pula merepresentasikan daya kreasi yang mampu mencipta ragam karya, daya tarik, dan atraksi yang memikat wisatawan,” kata Gubernur M. Zainul Majdi.

Branding Pesona Lombok Sumbawa merupakan program aktualisasi dari Pesona Indonesia yang menjadi Branding Pariwisata Indonesia dan  sekaligus dalam rangka mendukung tercapainya target 20 juta kunjungan wisman dan  275 juta pergerakan wisnus pada 2019 mendatang.

Gubernur M. Zainul Majdi menjelaskan,  tantangan terbesar pariwisata NTB dalam sustainabletourismadalah bagaimana  menghasilkan repeatedvisitors  atau pengunjung yang datang berkali kali  karena memang ingin menikmati pesona lombok Sumbawa, kegiatan pariwisata memberikan manfaat langsung maupun tidak langsung kepada masyarakat setempat, serta  melalui kegiatan pariwisata  lingkungan dan alam NTB menjadi lestari.

MoU Kerjasama Promosi

Acara launchingbranding Pesona Lombok Sumbawa dan Kalender Event NTB 2016 dihadiri sejumlah  duta besar negara sahabat dari negara yang menjadi pasar utama pariwisata NTB, para steakholder pariwisata di Jakarta, serta sejumlah perusahaan jasa transportasi daratdi antara kereta api commuter line dan bus Trans Jakarta. Pada kesempatan itu dilakukan  penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama promosi melalui sarana transportasi darat antara Perusahaan Kereta Api (PT KAI) Commuter Line dan Bus Trans Jakarta Koridor Soekarno Hata-Gambir dengan Dinas Perhubungan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB.

Provinsi NTB merupakan daerah tujuan wisata utama bagi wisnus. Menurut data Kemenpar jumlah kunjungan wisnus ke NTB tahun 2012 sebanyak 2,25 juta, meningkat menjadi 2,49 juta pada 2013. Tahun 2014 jumlah kunjungan wisnus ke NTB meningkat menjadi 2,51 juta wisnus sebagian besar mereka mengunjungi obyek wisata alam, budaya, dan buatan di Lombok dan Sumbawa. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik).

Tourist Statistik

Fokus Berita
Siaran Pers Wapres Jusuf Kalla Resmikan Peluncuran Program Destinasi Wisata Religi Berbasis Masjid
NARSAI TUNGGAL - Paket Ekonomi 15 : Efesiensi Logistik tingkatkan Daya Saing
Siaran Pers Launching 10 Destinasi dengan Branding Baru dan Pameran A New Chapter of WI
Selengkapnya...
Kinerja
Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2015
Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekretariat Kementerian Pariwisata Tahun 2015
Laporan Akuntabilitas Kinerja Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Dan Budaya
Selengkapnya...
Pengumuman
Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017
Daftar Nama Pemenang Lomba Anugerah Pesona Bahari 2016
Pendaftaran Peserta World Halal Tourism Summit 2016 di Abu Dhabi UEA Dibuka!
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved