Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Pengumuman Pemenang ISTA 2018 dapat dilihat pada link berikut berikut!
  • Pengumuman Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018 dapat dilihat pada link berikut!
  • Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar dapat dilihat pada link berikut!
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 Pengumuman Seleksi Jabatan
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
 Calender Of Event
 ISTA 2018
 Tentang ISTA
 Pedoman ISTA
 Dokumen dan Formulir Pendaftaran ISTA
 Pengumuman Pemenang ISTA
 
Berita Utama
Jeihan Sukmantoro, Pelukis Potret Jiwa
28-Mei-2012 20:00


Jeihan Sukmantoro adalah seorang pelukis yang lahir di Surakarta, 26 September 1938. Pendiri Studio Seni Rupa Bandung ini, belajar seni lukis di Himpunan Budaya Surakarta (HBS) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Institut Teknologi Bandung (ITB). Lukisan Jeihan memiliki ciri khas, yakni lukisan seorang figur yang bermata hitam pekat yang menyiratkan kedalaman rohani.

Menurut beberapa kritikus seni, Jeihan memadukan alam mistik timur dengan alam analitis Barat, karyanya yang diam menceritakan aura meditatif. Pria bersahaja ini telah menyelenggarakan pameran lebih dari 100 kali, menerbitkan 6 buku, memproduksi 2 film dokumenter serta meraih penghargaan Perintis Seni Rupa Jawa Barat 2006 dan Penghargaan Anugerah Budaya Kota Bandung 2009. Kali ini, Jeihan kembali mempersembahkan karyanya dalam sebuah pameran bertajuk “Soul of Art”.  Pameran tersebut berlangsung di Pacific Place, 28-29 Mei 2012.


“Saya seorang idealis tapi juga realistis. Saya harus tetap berkarya dengan menjadi diri saya sendiri. Saya juga seorang kompromis tetapi bukan oportunis,” kata Jeihan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu berkesempatan hadir dalam pembukaan pameran yang dihadiri oleh kalangan artis dan pengusaha tersebut. Mari mengatakan, Jeihan merupakan salah satu contoh anak bangsa yang bukan saja kreatif tetapi karyanya mampu menjadi penanda identitas bangsa.

“Sebagai Menteri yang membawahi bidang industri kreatif, kami berbahagia atas kehadiran maestro seperti Jeihan. Kami berharap, kedepan kita akan mempunyai banyak maestro seperti beliau,” kata Mari Elka Pangestu pada pembukaan pameran “Soul of Art” di Pacific Place, 28 Mei 2012.

Menurut Mari, Jeihan merupakan suatu bukti bahwa karya kreatifitas tidak mengenal batas usia. “Beliau sudah cukup berumur, namun masih terlihat energik dan masih aktif menciptakan karya,” lanjutnya.

Beberapa bulan sebelum pameran ini, Mari berkesempatan untuk dilukis oleh Jeihan. Baginya, pengalaman tersebut merupakan pengalaman proses kreatif yang luar biasa. “Saya dilukis oleh Jeihan sebanyak dua kali. Menurut semua orang yang menyaksikan proses pelukisan tersebut, lukisan kedua lebih baik dibanding lukisan pertama. Mungkin, hal ini dikarenakan saya dan Jeihan sudah lebih akrab sehingga beliau bisa memotret rekaman jiwa dan semangat saya,” lanjutnya.

Sebuah ciri khas yang selalu melekat dalam setiap karya Jeihan adalah penggunaan dua warna latar belakang yang berbeda. “Saya sempat bertanya mengenai alasan beliau memilih warna orange dan merah untuk menggambarkan jiwa saya. Katanya, ia tidak pernah ‘berpikir’ untuk menentukan warna. Semuanya terjadi begitu saja,” ujar Mari yang mengatakan bahwa dirinya dilukis hanya dalam waktu 15 menit. Mari Elka Pangestu kagum dengan lukisan dirinya yang dibuat dengan cepat dan indah oleh Jeihan. Jeihan telah melukis sejumlah tokoh ternama, antara lain Mari Elka Pangestu dan Taufiq Kiemas. (Puskompublik)
 

Laporan 4 Tahun Jokowi - JK

 

                Download

Pengumuman Seleksi CPNS

SAYEMBARA DESAIN

 

Hubungi Kami

      

E-Magazine

       

Selengkapnya...

Tourist Statistik

Kinerja
Laporan Akuntabilitas Kementerian Pariwisata (LAKIP) Tahun 2017
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2016
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Tahun 2015
Selengkapnya...
Pengumuman
Pengumuman Jadwal Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2018
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
Pengumuman Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved